Sabtu, 09 April 2011

Mengenal Kejuaraan Dunia Beregu Yunior

RemajaTenis, 8 April 2011. Perlu diketahui pula oleh masyarakat beberapa kompetisi beregu. Selama ini paling dikenal adalah kompetisi perorangan. Ternyata ITF (International Tennis Federation) mempunyai 3 turnamen beregu dalam 3 kategori. Yaitu KU 14 tahun, 16 tahun dan 18 tahun. Demikian menurut Rahayu M Hartati kepada RemajaTenis.
Dikatakan pula maksud dan tujuan ITF adakan kompetisi internasional adalah memberikan kesempatan untuk mengalami kompetisi internasional dan suasana unik bermain di sebuah tim untuk negara mereka. Setiap tim, kecuali tim tuan rumah Final Grup Dunia yang diberikan tempat otomatis dalam final, harus bersaing dalam kompetisi yang sulit kualifikasi regional untuk membuatnya melalui ke Final tahunan.

World Junior Tennis Competition, untuk pemain berusia 14 & bawah, diawali ITF pada tahun 1991 kemudian babak Final pada tahun 2009 diadakan di Prostejov, Republik Ceko. Para juara saat ini Spanyol untuk putra sedangkan putri oleh Amerika Serikat.

Kejuaraan beregu untuk pemain berusia 16 & bawah diluncurkan oleh ITF pada tahun 1985 sebagai "World Youth Cup " dengan NEC sebagai sponsor judul antara 1988 dan 2001. Pada tahun 2002 kembali ITF-diubah namanya menjadi Junior Davis Cup by BNP Paribas untuk putra sedangkan untuk putri diberi nama "Junior Piala Fed oleh BNP Paribas" di tahun 2006. Tahun 2009 Final akan diselenggarakan pada akhir September di San Luis Potosi, Meksiko untuk dua tahun berturut-turut. Amerika Serikat adalah juara saat ini di putra dan putri

Kelompok 18 tahun dikenal dengan nama 'ITF Sunshine Cup untuk putra dan putri dengan nama ' Connolly Continental Cup . ITF mengambil alih menjalankan kedua event pada tahun 1997. Peristiwa ini terakhir diadakan pada tahun 2001 ketika Rusia membuat menyapu bersih kedua event. Tetapi untuk sementara event ini ditunda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar