Minggu, 15 Maret 2009

Mau Study Ke Amerika Serikat

RemajaTenis,15 Maret 2009. Induk organisasi Pelti telah berikan petunjuk bagi petenis yunior yang berkeinginan melanjutkan study ke negeri Paman Sam. Marieke Gunawan sebagai penanggung jawa Komite Pendidikan dan Beasiswa PP Pelti telah berikan petunjuk untuk para pemain, orangtua dan para pelatih yang bisa didapatkan di Sekretariat PP Pelti.

Banyak test yang harus dilakukan sebelum bisa mendapatkan beasiswa dibeberapa universitas Amerika Serikat. Beberapa petenis Indonesia sedang ikuti atau sudah mendapatkan beasiswa tersebut seperti Ayrton Wibowo di University of Oregon, Vivien Silfany di Boise State University, Lutfiana Budiharto di Wichita State niversity, Golda Rubina di Chicago State University.

Dikatakan pula setiap petenis harus mempunyai Surat Keterangan Hasil Ujian Negara atau dikenal dengan STTB SMA yang mempunyai nilai rata rata 6 (enam). Atau Surat Tanda Tamat Belajar dari Madrasah Aliyah (Madrasah Menangah Tingkat Atas. Dengan angak rata 2.000 - 3.550 atau lebih dalam skala 4-0 (4 high) . Ijasah SMA maupun hasil Ujian SMA agar diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan test SAT(langsung dari test centre, kode Clearinghouse adalah 999) dikirimkan ke NCAA Eligibility Center, Ceritifications Processing PO Box 7136, Indianapolis, Indiana 46207-7136.

Untuk test yang harus dilakukan adalah SAT 1 (test awal untuk masuk Universitas di Amerika). Informasinya bisa langsung diakses ke http://www.collegeboard.com/ atau bisa juga ke Menara Imperium lantai 28 "English Test Center" Jakarta untuk mendapatkan info waktu diadakan test. Minimum score SAT untuk NCAA adalah 820.

Begitu juga harus ada test TOEFL, minimum score 500 PBT, 61 IBT, 6 IELS Informasi lengkap diakses ke http://www.toefl.org/.

Jika sudah mendapatkan sekolah yang diinginkan bisa langsung kirim hasil test SAT kesekolah tersebut langsung dari test center Amerika pada saat mendaftar SAT.

Buatlah sebuah video match play dalam bentuk DVD/CD sesuai permintaan universitas di Amerika. Cara tercepat, masukkan file video ke http://www.youtube.com/, sehingga pelatih Universitas akan melihat langsung dari situs tersebut.

Sedangkan nama nama universitas di Amerika bisa diakses ke http://www.collegeboard.com/ atau juga ke http://www.collegetennisonline.com/.

Langkah berikutnya adalah daftar clearinghouse di http://www.ncaaclearinghouse.net/. Segala info bisa didapatkan disini. Clearinghouse merupakan lembaga penjaringan untuk para atlet-atlet yang akan berlaga dikompetisi di Liga NCAA (National College Athletic Associatio). Clearinghouse akan memutuskan apakah seorang petenis bisa lolos seleksi secara akademis dan amatir. Status pemain untuk NCAA adalah amatir bukan profesional, sehingga jika ikuti suatu turnamen berprize money baik dalam negeri dan luar negeri , perlu diperhatikan bahwa pengeluaran selalu lebih besar daripada pemasukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar