Minggu, 21 Juni 2009

Shornbutnark dan Tang Juara

RemajaTenis,21 Juni 2009. Turnamen tenis junior Internasional Thamrin Cup 2009 di kuasai oleh petenis asing. Partai final tunggal yang berlangsung hari ini, Minggu (21/6) di lapangan tenis Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara menempatkan Warit Sornbutnark (Thailand) dan Hoachen Tang (China) di podium juara.
Di tunggal putra, Warit Sornbutnark berhasil merebut gelar setelah mengandaskan unggulan sepuluh asal Taipei Chieh-Fu Wang dua set langsung, 6-4, 6-2. Sornbutnark yang tidak diunggulkan diturnamen ini terlihat mendominasi pertandingan sejak set awal. Sementara lawannya sejak awal brmain kurang fokus dan banyak mati sendiri.
“Ini luar biasa buat saya bisa tampil di final. Saya sangat senang bisa mraih gelar di sini karena ini merupakan gelar pertama saya di sini,” ujar Sornbutnark usai penyerahan hadiah.
Kelompok putri yang mempertemukan sesama pemain China, yaitu Haochen Tang dan Ai Wen Zhu akhirnya dimenangkan oleh Tang dengan skor 6-1, 6-4. “Saya berusaha main rileks saja, tapi ia (Zhu) mainnya bagus juga. Saya senang bisa datang ke Indonesia dan meraih juara,” kata Tang yang mengakau tahun depan akan ikut turnamen ini lagi.
Keinginan Sornbutnark untuk memborong gelar tunggal dan ganda gagal setelah di ganda berpasangan dengan rekan senegaranya Aviruth Phaphui tidak mampu menghadang laju pasnagan unggulan pertama Xin Gao/William Kwok (CHN/AUS). Sornbutnark/Phaphui kalah 1-6, 4-6.
Semenatara mengomentari soal tidak adanya wakil tuan rumah yang berhasil mencapai prestasi tertinggi di turnamen ini baiak penyelenggara maupun induk organisasi olahraga tenis di Indonesia mengaku bahwa kuncinya ada di pembinaan.
“Kita tidak turun, tetapi memang mereka lebih pesat. Mereka rata-rata sudah main di kelas future. Hal itu disebabkan sistem pembinaan mereka memang bagus. Seperti Thailand, disponsori oleh BUMN-nya. China dan Taipei oleh pemerintahnya. Melihat ini ke depan pemain-pemain kita mestinya harus lebih banyak tour ke luar,” ujar Johannes Susanto selaku Ketua Bidang Pertandingan PP Pelti.
Senada dengan Johannes, pihak penyelenggara Pengprov Pelti DKI Jakarta mengaku cukup puas dengan penyelenggaraan tahun ini meskipun tanpa wakil tuan rumah satu pun di podium juara. “Saya rasa sudah bagus karena bisa berjalan lencar. Untuk persoalan prestasi kita yang tahun ini yang kurang beruntung karena memang tahun ini beberapa petenis kita yang memiliki rangking ITF bagus sedang mengiukuti tour ke luar. Mudah-mudahan ini bisa menajdi bahan evaluasi ke depan buat masyarakat tenis Indonesia untuk lebih mempersiapkan pembinaan pemainnya dengan matang,” ujar Sekretaris Pengprov Pelti DKI, Imam Supardi, Se,M.Si.
Setelah Thamrin Cup 2009 , peserta turnamen akan meneruskan ke Bandung untuk ikuti turnamen sejenai Oneject International yang berlangsung di Lapangan tenis Siliwangi, Taman Maluku dan Kodiklat Bandung , mulai yanggal 21 - 28 Juni 2009. ****

HASIL PERTANDINGAN FINAL
TUNGGAL PUTRA :
Warit Sornbutnark (THA) vs Chieh Fu Wang (TPE), 64 62

TUNGGAL PUTRI :
Haochen Tang (CHN) vs Ai Wen Zhu (CHN), 61 64

GANDA PUTRA :
Gao/Kwok (CHN/AUS)(1) vs Phaphui/Sornbutnark(THA),61 64

GANDA PUTRI
Dong/Yang (CHN)(4) vs vs Tang/Zhu (CHN), 62 62

Tidak ada komentar:

Posting Komentar