Kamis, 02 Desember 2010

Dipertanyakan Undian Remaja Tenis di Bandung

RemajaTenis,2 Desember 2010. Muncul pertanyaan masalah seeding yang digunakan pelaksana RemajaTenis khususnya KU 10 tahun dan 12 tahun karena merasa tidak sesuai dengan hasil PNP KU 10 tahun maupun 12 tahun. Oleh Rahayu disampaikan kalau RemajaTenis tetap menggunakan PNP (Peringkat Nasional Pelti) yang dikeluarkan resmi oleh PP Pelti. Sedangkan PP Pelti hanya menerbitkan PNP Kelompok Umur 14 tahun, 16 tahun, 18 tahun dan kelompok umum, sehingga khusus KU 10 tahun dan 12 tahun tidak digunakan PNP karena PP Pelti tidak keluarkan PNP tersebut.

Selama ini beredar diluar adanya Peringkat KU 10 tahun dan 12 tahun yang bukan merupakan peringkat nasional Pelti yang dikeluarkan oleh PP Pelti. Bahkan diedarkan mealui Tabloid Tennis sehingga pandangan masyarakat kalau peringkat tersebut adalah peringkat nasional Pelti. Wakil Sekjen PP Pelti August Ferry Raturandang membantah kalau PP Pelti telah keluarkan PNP KU 10 tahun dan 12 tahun. Peringkat KU 10 tahun dan 12 tahun itu adalah inisiatif dari salah satu wasit yang ingin mempermudah rekan rekan wasit ataupun Referee didalam mengundi KU 10 tahun dan 12 tahun.
Begitu pula disampaikan sejarah munculnya Peringkat Dunia baik oleh ATP Tour maupun WTA Tour sehingga ke ITF.

Adanya peringkat sebenarnya memudahkan bagi pelaksana untuk jalankan tugas disaat membuat undian. Tetapi disebutkan pula andaikan tidak ada peringkat maka yang dilakukan adalah dengan cara diundi dengan catatan dibuat agar peserta yang satu klub/kota/provinsi tidak ketemu dipertandingan pertama. Caranya dengan memilah milah dulu peserta berdasarkan domisilinya. Jadi berdasarkan penempatan dan kemudian dilakukan undian sehingga bisa terlaksana.
Oleh Raturandang disampaikan rencana PP Pelti akan keluarkan PNP KU 10 tahun dan KU 12 tahun.

RemajaTenis di Bandung ternyata minim peserta khususnya KU 12 tahun putri dan KU 16 tahun putri sehingga diputuskan dibatalkan sedangkan pesertanya diusulkan untuk ikut KU 14 tahun putri. Jika ada yang keberatan maka entry fee yang sudah terlanjur diternasfer via Bank , akan dikembalikan.

Apakah Persami itu TDP ?
Diakhir tahun 2010 di Jakarta mulai digerakkan kembali turnamen tenis yunior Persami (Pertandingan Sabtu Minggu). Yang selama ini dikeal Piala Ferry Raturandang mulai absen sejak setahun ini dan telah mencapai ke 69 kalinya dan terakhir dikota Palangka Raya Kalimantan Tengah.
Turnamen Persami juga merupakan salah satu turnamen resmi PP Pelti dan khusus KU 14 tahun, 16 tahun dan 18 tahun mendapatkan angka untuk PNP. Hanya bedanya angka tersebut tidak sama besarnya dengan TDP Nasional yang dicantumkan di kalender TDP.
Oleh AF Raturandang yang selama ini menggalakkan Persami mengatakan bisa saja dikatakan Persami itu adalah TDP (Turnamen Diakui Pelti), karena merupakan program PP Pelti. Agak berbeda dengan TDP Nasional seperti Piala Thamrin, Oneject ataupun RemajaTenis, perbedaannya adalah masalah kategori saja dimana kategori setiap turnamen ada kelasnya. Makin tinggi kelas kategorinya maka makin tinggi angka yang didapat. Persami sendiri itu kategori paling rendah dibandingkan RemajaTenis maupun TDP lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar