Kamis, 06 Mei 2010

Sistem Peringkat Yunior

RemajaTenis 6 Mei 2010. Berlakunya PNP Nasional khususnya kelompok yunior dikeluarkan oleh PP Pelti perlu diketahui oleh masyarakat tenis. Oleh karena itu RemajaTenis akan mensosialisasikan cara kerja dari PNP khususnya kelompok yunior. Dasar PNP tetap mengacu kepada ITF yang telah bertahun tahun menerapkan sistem peringkat yang juga diterapkan oleh PNP Kelompok Yunior.

Perlu untuk diketahui masalah cara International Tennis Federation (ITF) lakukan perhitungan peringkat Juniornya. Tanggal 1 Januari 2004, ITF memperkenalkan Combined Junior Ranking yang menggantikan Junior Singles dan Junior Doubles Ranking dan merupakan satu-satunya Junior Ranking yang dikeluarkan oleh ITF.
Tujuannya untuk mendorong pertandingan ganda (double) pada tingkat junior agar dapat berlanjut di tingkat professional.
Percobaan yang dilakukan oleh ITF memperlihatkan pada umumnya pemain Tunggal (Single) tetap berada dipuncak Combined Ranking. Namun demikian, pentingnya Ganda (Doubles) points menjadi nyata bilamana ada dua pemain yang memiliki total singles point yang sama, dalam hal ini pemain yang berprestasi lebih baik dalam permainan double berperingkat lebih tinggi.Oleh karenanya seorang pemain yang tidak bermain sama sekali dalam pertandingan double akan kurang beruntung.

Bagaimana cara perhitungannya?
Ranking seorang pemain dikalkulasi menggunakan hasil dari “ best sinx singles “ ditambah seperempat (25 %) dari hasil “ best six doubles.”
Seabagai contoh, pemain hasil “ best 6 Singles” adalah 1000 dan hasil “best 6 Doubles” adalah 800 , maka seperempat dari 800 adalah 600, maka total Combined Ranking points adalah 1000 + 600 = 1.600
Point ini berlanjut dihitung dalam 52 minggu “ rollover system “ (misalnya Daftar Ranking yang diterbitkan pada tanggal 1 Mei 2010 adalah hasil perhitungan dari points yang dikumpulkan dari 30 April 2009 sampai dengan 30 April 2010.

Dengan cara perhitungan " the best 6 " bukan berarti atletnya cukup ikuti 6 TDP, karena disetiap TDP bisa saja atlet tersebut akan meningkat prestasinya sehingga akan mempengaruhi poin yang didapat dan peringkatnya akan ada perubahan juga.
Disini dibutuhkan kejelian bagi atlet maupun pelatihnya. Disamping itu pula dengan sistem baru maka PP Pelti tidak keluarkan lagi PNP Ganda Kelompok Yuniornya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar