Senin, 06 Juli 2020

Tenis Keluarga Bermanfaat Bagi Anak


Jakarta, 6 Juli 2020
, Orangtua mengajak anak bermain tenis, tidak hanya akan mendekatkan diri dengan anak , tetapi juga membantu mengembangkan emosi dan kepribadian anak disamping prestasi mendatang. Orang tua yang meluangkan waktu untuk bermain tenis dengan sang anak , berpengaruh positip kepada anak. Karena tenis berasal dari keluarga.

Disinilah peranan family tennis atau tenis keluarga perlu dikembangkan lagi. Apakah sudah pernah dilaksanakan di Indonesia. Sudah.  Pertama kali POR Maesa mengenalkan akan event ganda campuran  suami istri dipertandingkan disamping kelompok yunior sehingga suasana batiniah tenis dirasakan oleh keluarga sendiri. Disamping persaingan prestasi akan dilagakan.

Harus diakui peranan orang tua sangat besar sekali, biasanya selama ini keinginan  anak main tenis berdasarkan kemauan orang tua sendiri. Jarang ditemukan keinginan bermain tenis datang dari anak sendiri. Dengan awal nya tenis dari keluarga maka lebih mudah tenis berkembang

Family Tennis atau tenis keluarga dikembangkan oleh klub tenis Sparta dari Jakarta Timur yang diketuai saat itu oleh Dr. Nico Lumenta, sempat menyelenggarakan pertandingan ganda campuran  suami istri dan ganda  Bapak Anak atau Ganda Ibu Anak. Hanya sayangnya tidak dilanjutkan secara kontinyu.


Sudah saatnya masa pandemi Covid-19 kesempatan berkumpul keluarga untuk mengisi waktu dengan bermain tenis. Kemungkinan berkembang disaat lagi PSBB, sudah sangat tepat waktunya dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan . Mayoritas yang bermain tenis adalah sang ayah maka tidak ada salahnya melibatkan sang istri mulai mengenal permainan tenis. Jadi lebih lengkap dalam keluarga. Karena lebih leluasa dimana salah satu anggota keluarga tidak perlu dipikirkan keberadaannya karena sudah pasti  ada bersama sama dilapangan

Dari pemain nasional banyak berasal dari keluarga tenis. Bisa datang dari sang ayah, bisa juga datang dari sang ibu. Ditambah lagi kakak atau adiknya ada yang bermain tenis.

Dari petenis nasional yang ada mayoritas berasal dari keluarga tenis seperti Christopher Rungkat dimana sang ayah dan ibu dan adiknya pemain tenis.Jessy Rompies juga ibunya bermain tenis, Beatrice Gumulya, sang ayah bermain tenis, bahkan kakaknya Sandy Gumulya ex petenis nasional, Aldila Sutjiadi sang ayah maupun ibu dan kakaknya (Jonathan Sutjiadi)  bermain tenis.

Bukan hal asing bagi pertenisan Indonesia, tenis datang dari keluarga. Tercatat nama petenis Indonesia dijaman Belanda, Sambudjo Hoerip berasal dari keluarga Dr. Hoerip sebagai pencetus berdirinya PELTI saat itu bernama Persatuan Lawn Tennis Indonesia. Kakak dan adiknya Sambudjo Hoerip juga pemain tenis saat itu.

Dikalangan tenis Indonesia tidak asing lagi satu keluarga bermain tenis. Seperti Sri Utaminingsih, Suharyaidi, Sulistyono, bersama kedua kakaknya, Bahkan Yayuk Basuki dengan kakaknya. Keluarga Achmad Moerid seperti Irawati Moerid, Solihati Moerid (alm), Lamsriati Moerid, Begitu pula Donald Wailan Walalangi bersama adiknya Waya Walalangi dengan kedua orangtuanya bermain tenis. Ada Samudra Sangitan bersama Tony Sangitan, Jacky Wullur (alm) dan Johnny Wullur (alm) 
Kakak beradik Aga Soemarno dan Tanya Soemarno putra putri dari Yolanda Soemarno Demikian pula  Andrian Raturandang bersama adiknya Rivelino Raturandang sekarang terjun ke pelatih, berasal dari ayahnya coach Alfred Henry Raturandang, Bahkan kiper nasional Ronny Paslah bersama adiknya Johnny Paslah juga bermain tenis. Tidak lupa pelatih Meiske Wiguna (Bandung) juga berasal dari keluarga tenis dimana kakak2nya pemain tenis, Siem Hwie Liang (alm), Sirm Djing San (alm)
Ada Sulistyo Wibowo bersama adiknya Liza Andriyani. Tidak lupa pula Diko Moerdono bersama kakaknya Soebronto Laras. Begitu pula Danny Walla , Emric Walla bersama Willy Walla.

Sudah saatnya dimulai memperkenalkan tenis maupun upaya menggalakkan tenis dari keluarga. Saat ini  banyak pula kakak beradik menggeluti olahraga tenis. Dimulai dari keluarga tentunya banyak dukungan akan datang. Lebih cepat lagi jika ada  pertandingan Family Tennis. Dijamin akan berkembang tenis di Indonesia.

1 komentar:

  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus